2.15.2013

mari bijaksana dalam penggunaan sumber daya energi



sebagian orang pasti sudah mengetahui  tentang penggunaan karbon dari sumber energi , komponen  terbesar  adalah milik batubara karena setiap kWh energi yang dihasilkan memancarkan sekitar 900 gram CO2. Angin dan nuklir memiliki komponen  karbon terkecil dengan hanya 15 g dipancarkan per kWh, dan yang terutama berasal dari produksi beton, konstruksi, dan pertambangan baja dan uranium. 

 Biomassa menghasilkan  karbon netral karena mengisap keluar CO2 dari atmosfer sebelum membebaskanya ke udara   lagi nanti, meskipun kerugian produksi yang signifikan tergantung pada biomassa,,hal ini karena biaya instalasi yang tidak murah. Emisi karbon dan komponen  fisik dikenal sebagai eksternalitas dan yang samar-samar, seseorang ahli geothermal pun sulit untuk menaksir hasil akhir. Pajak karbon yang diusulkan  berada dalam kisaran $ 15 sampai $ 40/ton CO2 yang dihasilkan, namun dalam menetapkan biaya  fisik tergantung pada konstur wilayah, kepekaan ekosistem dan pentingnya kesadaran masing-masing individu dalam mengelola sumber daya alam. Seratus hektar lahan basah yang akan dibanjiri oleh bendungan baru lebih berharga daripada planet sumberdaya alam yang terbatas ketersediaanya.

Dampak eksploitasi sumberdaya energi, seperti yang disebut, jarang dibahas. Banyak korban berjatuhan karena kurangnya system safety yang diterapkan,,, tambang batubara adalah yang terburuk,pembangkit energi  angin dan nuklir adalah yang terbaik. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, Centers for Disease Control, National Academy of Science dan studi kesehatan selama dekade terakhir (NAS 2010), dampak buruk pada kesehatan menjadi dampak yang signifikan untuk sumber bahan bakar fosil dan biofuel / biomassa. Bahkan, WHO telah menyebutkan bahawa masalah pembakaran pembangkit energi biomassa di negara berkembang merupakan masalah kesehatan global utama (WHO international). Tabel di bawah ini mencantumkan angka kematian dari setiap sumber energi sebagai kematian per triliun kWhrs. 


Angka Kematian Berdasarkan Sumber Energi   (kematian / trillionkWhr)

Energi Batubara - rata-rata Dunia                   170.000    (50% listrik global)
Energi Batubara -  Negara Cina                      280.000     (75% listrik Cina)
Energi Batubara -  Negara Amerika                 15.000      (44% Amerika listrik)
Minyak                                                            36.000      (36% energi, 8% dari listrik)
Natural Gas(Gas Alam )                                     4.000      (20% listrik global)
Biofuel / Biomassa                                            24.000       (21% energi global)
Sel Surya                                                              440       (<1% listrik global)
Pembangkit  energi Tenaga Angin                          150        ( listrik global 1%)
Hydro - rata-rata Dunia                                      1.400        (15% listrik global)
Nuklir - rata-rata Dunia                                           90         (17% listrik dunia w / Chern & Fukush)





0 komentar:

Posting Komentar